welcome to my blog :)

Sabtu, 14 Juni 2014

TUGAS SOFTSKILL ( TENTANG RELASI DAN FUNGSI)

  • pengertian relasi
Suatu relasi (biner) F dari himpunan A ke himpunan B adalah suatu perkawanan elemen-elemen di A  dengan elemen-elemen di B.diperkenalkan 4 cara menyatakan relasi, yaitu:

  1. diagram panah
  2. himpunan pasangan berurutan
  3. diagram kartesius
  4. dengan rumus
contoh gambar :
  • pengertian fungsi
Suatu relasi (biner) F dari himpunan A ke himpunan B adalah suatu perkawanan elemen-elemen di A dengan elemen-elemen di B. didefinisikan sebagai berikut :
Definisi: Suatu fungsi f dari himpunan A ke himpunan B adalah suatu relasi yang memasangkan setiap elemen dari A secara tunggal, dengan elemen pada B.
  • sifat fungsi
1. Injektif (Satu-satu)
Misalkan fungsi f menyatakan A ke B maka fungsi f disebut suatu fungsi satu-satu
(injektif), apabila setiap dua elemen yang berlainan di A akan dipetakan pada dua elemen yang berbeda di B. Selanjutnya secara singkat dapat dikatakan bahwa f:A→B adalah fungsi injektif apabila a ≠ a’ berakibat f(a) ≠ f(a’) atau ekuivalen, jika f(a) = f(a’)
maka akibatnya a = a’.
2. Surjektif (Onto)
Misalkan f adalah suatu fungsi yang memetakan A ke B maka daerah hasil f(A) dari fungsi f adalah himpunan bagian dari B. Apabila f(A) = B, yang berarti setiap elemen di B pasti merupakan peta dari sekurang-kurangnya satu elemen di A maka kita katakan f adalah suatu fungsi surjektif atau “f memetakan A Onto B”.
3.Bijektif (Korespondensi Satu-satu)
Suatu pemetaan f: A→B sedemikian rupa sehingga f merupakan fungsi yang injektif dan surjektif sekaligus, maka dikatakan “f adalah fungsi yang bijektif” atau “ A dan B berada dalam korespondensi satu-satu”
  • contoh soal
1.A = {Buyung, Doni, Vita, Putri}, B = {IPS, kesenian, keterampilan, olahraga, matematika, IPA, bahasa  Inggris}, dan “pelajaran yang disukai” adalah relasi yang menghubungkan himpunan A ke himpunan B.
keterangan: Buyung suka IPS dan kesenian, Doni suka Ketrampilan dan Olahraga, Vita suka IPA, dan Putri suka Matematika dan Bahasa Inggris.
jawaban :
      A.dengan metode diagram panah
      B.dengan metode diagram kartesius
  c. dengan metode himpunan pasang berurutan
{(Buyung, IPS), (Buyung, kesenian), (Doni, keterampilan), (Doni, olahraga), (Vita, IPA), (Putri, matematika), (Putri, bahasa Inggris)}
2. : Fungsi f : x → 3x – 4 ,tentukan f(2)
Jawab    :  f ( x )→ 3x – 4
                   f ( 2 ) = 3(2) – 4
                   f ( 2 ) = 6 – 4= 2 

3.Diberikan g(x) = ax + b. Jika g(- 1) = 1, g(2) = 7, maka nilai dari g( 4) = ….
Jawab    : g(x) = ax + b
g(-1) = -a + b=1                  (substitusi x dengan -1)     
g(x) = ax + b  
g(2) = 2a + b= 7                 (substitusi x dengan 2 )
-a + b = 1
  2a+ b = 7 
_________________ −
-3a     = - 6
a = 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar